Melakukan Recovery Console Dengan CD Windows XP

recovery consoleApa sebenarnya Recovery Console? Itulah yang pertama harus Anda pahami. Recovery Console adalah berbasis command line, fitur canggih diagnostik tersedia dalam beberapa versi sistem operasi Windows. Recovery Console sangat penting untuk dipahami karena jika kita sudah masuh pada area ini, ada banyak sekali masalah berbasis command line yang bisa diselesaikan. Pada artikel berikut akan saya sajikan sejumlah daftar mengenai apa saja kerusakan yang bisa diselesaikan melalui fasilitas ini.

Recovery Console sangat berguna untuk memperbaiki atau mengganti file-file penting sistem operasi. Bila file ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, startup Windows kadang-kadang tidak bisa berjalan sama sekali. Dalam kasus ini, Anda harus mengakses fasilitas ini untuk mengembalikan file. Ikuti langkah-langkah menggunakan CD Windows XP untuk mengakses Recovery Console. Itu berarti Anda harus booting dari CD/DVD ROM drive. Jika Anda belum paham cara booting ini, silakan baca artikel; Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD yang telah saya tulis sebelumnya.

recovery console

    1. Hidupkan atau restart komputer Anda untuk memulai
    2. Ketika muncul pesan [Press any key to boot from CD…] seperti diatas silakan tekan sembarang tombol pada keyboard. Ingat : pesan diatas hanya muncul sebentar, jadi kalau Anda terlambat komputer akan langsung boot dari hard disk. Jika Anda terlambat, silakan ulangi langkah 1 diatas.
    3. Selanjutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini. Tidak ada intervensi pengguna dibutuhkan dalam langkah ini. Windows XP meloading beberapa file dalam persiapan baik instalasi ulang Windows XP atau untuk menggunakan Recovery Console.

recovery console

  1. Jika gambar seperti dibawah ini muncul, silakan tekan huruf “R” pada keyboard Anda.recovery console-3
  2. Selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah ini, dan silakan tekan angka “1” pada keyboard Anda lalu tekan lagi [ENTER]. Catatan: Kita mengetik angka “1” dengan asumsi sistem operasi yang hendak direpair diinstall pada drvie C: tetapi jika sistem operasi ada pada drive D: maka kita harus memilih angka “2” dan begitulah selanjutnya.recovery
  3. Jendela berikut akan segera muncul. Jika Anda memasang password pada Administrator silakan ketik, tetapi jika Anda tidak pernah membuat passwordnya langsung saja tekan [ENTER]console
  4. Nah jendela berikut inilah yang dimaksud jendela Recovery Console, disinilah Anda akan mengetik sejumlah perintah untuk melakukan perbaikan alias repair windows. Mengenai perintah yang dapat Anda gunakan pada Recovery Console akan saya bahas pada artikel berikutnya.

recovery console-4

 

Untuk pembahasan lengkap, tentang artikel di atas, silahkan KLIK DISINI 

About kurnia dwi juhandi

Nothing Special about Me but I Believe will be The Best
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s